Perilaku Rumah-Tangga dan Pilihan Konsumen

Penulis :  Annisa Dhea Rahmatika, Shandy Dewantoro, Rizka Agil Rustiyana, Ridwan Alief Rizaldi, Zabrina Rosediana Mustika Dewi, Wiji Lestari, Hery Fitriyanto, Amanda Ayu Fatma Istiqomah.

Pendamping : Prof. Dr. M. Wahyuddin, Novel Idris Abas

Dalam keseharian tentu kita tidak jauh-jauh dari perilaku ekonomi sebagai konsumen, seperti membeli barang atau jasa, mengelola pendapatan, menemtukan pilihan dll. oleh sebab itu, tulisan ini akan membahas bagaimana perilaku rumah tangga hingga pilihan konsumen.

PERILAKU RUMAH TANGGA DI PASAR OUTPUT

Setiap rumah tangga harus mengambil 3 keputusan dasar yaitu :

  1. Berapa banyak tiap produk, atau output yang diterima.
  2. Berapa tenaga kerja yang ditawarkan.
  3. Berapa banyak yang dibelanjakan hari ini dan berapa banyak yang akan ditabung untuk masa depan.

PENENTU PERMINTAAN RUMAH TANGGA

Faktor – faktor yang mempengaruhi kuantitas barang yang diminta oleh rumah tangga:

  1. Harga Produk
  2. Pendapatan yang diterima rumah tangga
  3. Jumlah akumulasi kekayaan.
  4. Harga produk lain ( subtitusi ) yang tersedia bagi rumah tangga.
  5. Selera dan prefensi rumah tangga.
  6. Ekspektasi rumah tangga terhadap kekayaan, harga, dan pendapatan di masa depan.

BATASAN ANGGARAN

Pendapatan, kekayaan, dan harga mendefinisikan apa yang kita sebut sebagai batasan anggaran rumah tangga.

Batasan anggaran yang dihadapi oleh setiap rumah tangga terutama disebabkan oleh batasan yang ditetapkan oleh luar, yaitu satu atau lebih pasar.

                 “ Selama rumah tangga menghadapi anggaran yang terbatas – dan semua rumah tangga pada akhirnya akan mengalaminya. Biaya rill adalah biaya nilai dari barang atau jasa yang bisa dibeli dengan jumlah uang yang sama. Biaya rill adalah biaya opurtunitas, biaya opurtunitas ditentukan oleh harga relative ”

UTILITAS

Kepuasan, atau imbalan yang dihasilkan oleh suatu produk dibandingkan alternative lainnya.

  • Lebih disukainya satu item daripada item lain bergantung pada banyaknya utilitas atau kepuasan yang dihasilkannya dibandingkan dengan item alternatifnya
  • Hukum utilitas marjinal yang semakin menurun menyatakan bahwa semakin banyak jumlah yang dikonsumsi dalam periode waktu tertentu maka semakin sedikit kepuasan atau utilitas yang didapatkan dari setiap unit tambahan (marjinal)

EFEK PENDAPATAN DAN EFEK SUBSTITUSI

  1. Slope negatifdari kurva permintaan disebabkan oleh:
  2. Utilitas marjinalsemua barang yang menurun
  3. Sebagian besar barang normal yang akansemakin dikonsumsi jika harganya menurun, baik karena efek pendapatan maupun efek substitusi

SURPLUS KONSUMEN

  1. Bila barang dijual dengan harga tetap, rumah tangga harus “mengungkapkan” kelayakan dari barang tersebut untuk dijual dengan harga tersebut
  2. Banyak orang yang membeli di pasar tertentu mendapatkan nilai barang yangmelebihi harga barang tersebut
  3. Orang-orang tersebut disebut mengalami surplus konsumen

PILIHAN RUMAH TANGGA DALAM PASAR INPUT

  • Dalam pasar tenaga kerja, ada trade-off antara nilai barang atau jasa (yang bisa dibeli di pasar itu atau diproduksi di rumah tangga) dan nilai dari waktu luang
  • Biaya oportunitas pekerjaan yang dibayar adalah waktu luang dan pekerjaan yang tidak dibayar
  • Tingkat upah adalah harga (biaya oportunitas) dari manfaat pekerjaan yang tidak dibayar atau waktu luang. Perubahan tingkat upah memiliki efek pendapatan dan efek substitusi yang berlawanan arah. Peningkatan tingkat upah berarti:
    • Waktu luang lebih mahal (efek substitusi)
    • Lebih banyak pendapatan dalam waktu kerja yang sama, maka kemungkinan waktu luang meningkat (efek pendapatan)
  • Rumah tangga juga bisa mengalokasikan pendapatan ke tabungan atau mengambil pinjaman;
    • Keputusan menabung berarti memakai pendapatan masa kini untuk pengeluaran masa depan
    • Keputusan meminjam berarti memakai pendapatan masa depan untuk pengeluaran masa kini
  • Kenaikan tingkat bunga terhadap tabungan akan:
    • Berefek positif jika efek substitusi mendominasi efek pendapatan
    • Berefek negatif jika efek pendapatan mendominasi efek substitusi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s