DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KEMISKINAN

Penulis :  Annisa Dhea Rahmatika, Shandy Dewantoro, Rizka Agil Rustiyana, Ridwan Alief Rizaldi, Zabrina Rosediana Mustika Dewi, Wiji Lestari, Hery Fitriyanto, Amanda Ayu Fatma Istiqomah.

Pendamping : Prof. Dr. M. Wahyuddin, Novel Idris Abas

Pada kesempatan ini, penulis akan menjelaskan mengenai Distribusi Pendapatan dan juga Kemisikinan. akan terjawab juga pertanyaan seperti Mengapa beberapa orang mendapatkan lebih bnayak daripada yang lain? Apakah sumber ketidaksetaraan? Haruskah pemerintah mengubah distribusi yang dihasilkan oleh pasar?

BATAS KEMUNGKINAN UTILITAS

      Pembahasan teoritis tentang keadilan dan ekuitas berfokus pada distribusi dan redistribusi utilitas. Karena utilitas tidak bisa dilihat dan diukur, sebagian besar pembahasan tentang kebijakan sosial berpusat pada distribusi pendapatan atau kekayaan sebagai ukuran tak langsung atas kesejahteraan. Namun penting artinya bagi kita untuk mengingat, bahwa pendapatan dan kekayaan adalah ukuran kesejahteraan yang tak sempurna. Sesorang yang amat menyukai kegiatan luar ruang mungkin memilih bekerja ditaman nasional dengan gaji rendah ketimbang di firma konsultan dikota besar dengan upah tinggi. Pilihan itu mengungkapkan bahwa ia akan lebih makmur meskipun pendapatan terukur lebih rendah.

      Meskipun pendapatan dan kekayaan adalah ukuran utilitas yang tak sempurna, keduanya tidak mempunyai substitusi yang berwujud dan karena itu ukuran inilah yang digunakan. Pertama, kita mengkaji faktor-faktor yang menentukan distribusi pendapat dalam latar pasar.  Kedua, kita melihat dalam distribusi pendapatan,  distribusi kekayaan dan distribusi kemiskinan di Amerika Serikat. Ketiga, kita membicarakan secara singkat tentang keadilan ekonomi. Meskipun semua pasar efisien sempurna hasilnya mungkin tidak adil bahkan dalam perekonomian pasar yang relatif bebas pemerintah meredistribusikan pendapatan dan kekayaan biasanya atas nama keadilan atau equitas. Karna  utilitas tak bisa dilihat atau diukur sebagian besar pembahasan kebijakan membahas distribusi pendapatan dan kekayaan sebagai substitusi tak sempurna untuk konsep distribusi kesejahteraan.

SUMBER PENDAPATAN RUMAH TANGGA

Rumah tangga menerima pendapatan mereka dari tiga sumber :

  1. Dari upah atau gaji yang diterima sebagai ganti tenaga kerja (sekitar 64%)
  2. Dari hak milik seperti modal dan tanah (sekitar 22%)
  3. Dari pemerintah ( sekitar 11%)

     Perbedaan upah pendapatan dan gaji diseluruh rumah tangga disebabkan oleh perbedaan dalam karakteristik pekerja (keahlian,pelatihan pendidikan, pegalaman, dst) dan dari perbedaan jenis pekerjaan (berbahaya, mengayikan, glamor, sulit, dst). Pendapatan tumah tangga juga beragam menurut jumlah anggota rumah tangga yang bekerja dan bisa menurun tajam jika salah satu anggota menganggur.

      Jumlah pendapatan properti yag dihasilkan rumah tangga bergantung pada jumlah dan jenis hak milik yang dimilikinya pendapatan transfer dari pemerintah mengalir secara substansial, tapi tidak seccara ekslusif ditunjukkan pada rumah tangga pendapatan lebih rendah. Kecali untuk jaminan sosial, pembayaran transfer secara umum dirancang untuk memberikan pendapatan pada orang yang membutuhkan.

DISTRIBUSI PENDAPATAN

       Pendapatan ekonomi ( ekonomi in come) ialah, jumlah uang yang bisa dibelanjakan oleh suatu rumah tangga selama periode tertentu tanpa meningkatkan atau menurunkan aset bersihnya. (upah gaji, defiden pendapatan bunga, pembayaran tunjangan, sewa, dst adalah sumber pendapatan ekonomi).

  • Kurva lorenz

    Grafik yang digunakan secara umum untuk melihat distribusi pendapatan dengan presentase kumulatif keluarga yang diplot disepanjang sumbu horizontal dan presentase kumulatif yang di plot disepanjang sumbu vertikal. Koefisien gini adalah ukuran tingkat ketidak sejaahteraan pendapatan yag diturunkan dari kurva lorenz nilainya bisa dari 0-1.

      Kemiskinan sangat sulit didefinisikan meskiun sulit mendefiniikan dengan tepat, kata kemiskinan adalah salah satu kata yang kita semua pahami secara naluriah hingga tingkat tertentu, kemiskinan biasaya identik dengan citra perumahan kumuh, sesak, penuh tikus, orang tuna wisma, penyakit tak terobati, dst. Kemiskinan juga adalah kata yang terpaksa didefinisikan secara formal untuk tujuan menyimpan data statistik dan emngelola program publik. Garis kemiskinan tingkatan pendapatan yang ditetapkan secara resmi yang membedakan orang miskin dengan yang tidak miskin. Tingkat pendapatan ini ditetapkan tiga kali biaya anggaran makanan minuman departemen pertanian.

DEBAT REDISTRIBUSI

      Argumen yang menentang redistribusi, argumen ini bersandar pada dalil bahwa orang berhak menuai hasil usaha mereka sendiri dengan kata lain tenaga kerja dan modal dibayar menurut nilai yang diproduksinya. Argumen ini juga bersandar pada prinsip dibalik kebebasan kontrak dan perlindungan hak milik. Argumen yang lebih umum menentang redistribusi tidak bersifat filosofis sebaliknya arguen ini mengarah pada masalah yang lebih praktis. Argumen praktilain menentang redistribusi karena hal tersbut tidak bekerja sama sekali. Ketidakefektifan program ini melaahirkan tuduhan inefisiensi birokrasi pada pemerintah. Argumen yang mendukung redistribusi adalah masyarakat sekaya Amerika Serikat memiliki tanggung jawab moral untuk menyediakan bagi semua warganya untuk kebutuhn hidup. Pendukung redistriusi menyangkal argumen praktis penentangnya dengan menunjukkan studi yang memperhatikan sedikit efek negatif atas insentif orang yang mendapat manfaat dari program tunjangan. Keadilan nilai guna gagasan bahwa 1 rupiah ditangan orang kaya bernilai rendah daripada 1 rupiah ditangan orang miskin. Jika utilitas turun bersama dengan pendapatan mentransfer pendapatan dari yang kaya ke yang miskin akan meningkatkan utilitas total.

       Teori kontrak sosial-keadilan rawsian, teori pendapatan keadilan distribusi yang menyimpulkan bahwa kontrak sosial yang timbul dari posisi awal akan membutuhkan ditribusi pendapatan yang akan memaksimalkan kesejahteraan anggota masyarakat yang paling tak beruntung. Teori nilai tenaga kerja dinyatakan dengan cara paling sederhana, teori bahwa nilai suatu komoditas hanya bergantung pada jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memproduksinya.

PROGRAM DAN KEBIJAKAN REDISTRIBUSI

      Menandai program redistribusi: pajak. Redistribusi selalu melibatkan mereka yag akhirnya mendapatkan ssedikit dan mereka yang akhirnya mendapatkan banyak karena program redistribusi didanai oleh uang pajak. Pajak pendapatan individu merupakan salah satu jenis pajak dianta banyak lagi jenis pajak yang lainnya. Yang lebih penting dari individu adalah beban perpajakan keseluruhan meliputi semua pajak federal negara bagian dan lokal di Amerika Serikat.

       Sebagian besar penelitian atas efek paak atas distribuisi pendapatan, baik sebelum atau sesudah akta revorasi pajak menyimpulkan bahwa beban pajak bersifat proporsional. Dengan kata lain semua orang membayar pajak total sebesar pressentase pendapatan yang sama. Sistem jaminan sosial, sister federal di AS untuk program asuransi sosial meliputi 3 program yang terpisah yang didanai melalui dana konsolsium prgram old age dan survivor (OASI), Program disability insurance (DI) dan program health insurance (HI/Madicare).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s